Sepatu Mendaki Gunung

Sebelum melakukan perjalanan, cobalah untuk memakai sepatu baru anda disekeliling rumah atau tempat tinggal, ini berguna untuk mencegah lecet dan membuat kaki terbiasa dengannya. Jika tidak punya waktu untuk itu, buatlah basahilah sepatu boot kulit baru itu dan pakai hingga kering. Akan tetapi jangan coba-coba pergunakan cara ini di jalan setapak. Jika sudah berada di jalan setapak periksalah kaki anda sesering mungkin guna mencegah terjadinya lecet yang mungkin akan terjadi.

Memilih sepatu

Dalam memilih sepatu, perhatikanlah medan, musin dan berat beban yang anda bawa. Sepatu boot nountaineering sangat cocok untuk hampir semua medan. Sepatu olahraga yang ringan sangat tidak dianjurkan untuk dipakai saat membawa beban yang berat.

Trainers

Trainers atau sepatu olahraga ini memang terasa nyaman, akan tetapi tidak seperti sepatu khusus mendaki. Jika terus menerus memakai sepatu ini untuk berjalan di jalan setapak yang basah akan membuat kaki jadi lembab dan akan semakin mudah untuk lecet.

Fabric Boots

Fabric Boots adalah jenis sepatu treeking untuk dipergunakan pada jarak pendek dan selama medan masih tidak begitu berat. Jenis ini memberikan perlindungan yang agak kurang jika dibandingkan dengan boots dari kulit. Akan tetapi lebih sepat kering jika basah. Memakai fabric boots ini setelah dalam jangka waktu yang panjang memakai sepatu mountaineering yang berat, membuat kaki sedikit bernafas dan berasa lebih nyaman.

Hiking Boots

Sepatu botts jenis ini merupakan gabungan antara berat, ketahanan dan perlindungan. Mempunyai sol yang anti slip dan kuat, water resistant, bagian atas yang terbuat dari kulit, serta mempunyai bantalan untuk melindungi mata kaki.

Plastic Snow Boots

Snow botts mempunyai daya isolasi yang sangat kuat. Didisain untuk mencegah kaki jadi kaku saat memakai crampons saat ditanjapkan pada es dan salju, dan membuat kaki terasa canggung saat melangkah. Dibagian dalam shell plastic yang keras, terdapat thermal boots yang terpisah yang melindungi kaki dari permungkaan salju yang membekukan. Bagian dalam boots ini bisa dipakai didalam tenda, tapi tidak diluar tenda.

Desert Boots

Mempunyai sol yang kuat dan bagian atas dari kulit yang lembut, Desert boots membuat kaki tetap bisa bernafas saat melangkah diatas padang pasir yang panas. Bagian sisinya yang tinggi melindungi mata kaki dari belukar yang berduri. Akan tetapi jenis ini keringnya agak lama jika basah.

Jungle Boots

Didisain untuk medan yang basah. JUngle botts mempunyai sol karet dan bagian atas dari kanvas yang cepat mengering. Juga terdapat ventilasi dibagian samping bawah untuk mengeluarkan air setelah terendam air.

Gaiters

Sepatu yang tahan air bida membuat kaki jadi panas dan berkeringat, yang bisa mengakibatkan keseleo, lecet dan infeksi parah. Gaiters penggunaannya sangat dianjurkan karena bisa melindungi kaki dari pasir, percikan air serta melindungi celana dari basahnya rerumputan. Gaiters salju mencegah masuknya salju ke bagian atas Boots. Kebanyakan gaiters sangat mudah untuk bersirkulasi udaranya.

Sumber highcamp.web.id

Subscribe to receive free email updates: