Jumat, 11 Juli 2008

Tenda Kita

Tenda secara umum dibagi dalam dua klasifikasi. Klasifikasi pertama adalah tenda: 3 seasons yaitu tenda yg cocok digunakanuntuk tiga musim yaitu: musim semi, panas dan gugur. Tenda tipe ini cocokdigunakan untuk Indonesia.
Klasifikasi kedua adalah tenda: 4 seasons yaitu tenda yg cocok digunakanuntuk empat musim termasuk musim dingin / salju. Tenda ini lebih kuat danlebih berat.

Tenda yg paling bagus adalah tenda yg ringan karena dibawa untuk trekkingatau daki gunung supaya tidak terlalu capek. Tenda yg ringan tiangpenyangganya terbuat dari aluminium Easton, dan yang paling mutakhir terbuatdari aluminium DAC Featherlite yg jauh lebih ringan.

Flysheet/canopynyaterbuat dari nylon yg di coating dengan Polyurethane begitu juga denganlantainya. Yg paling mutakhir sekarang adalah yg terbuat dari siliconeimpregnated nylon yg jauh lebih ringan. Tenda yg baik harus 'breathable'atau dapat dilalui udara jadi tidak perlu 'water proof'. Kalau tidak'breathable' maka penghuninya akan merasa pengap apabila tenda ditutuprapat, dan kalau berkemah didaerah dingin / gunung maka akan terjadikondensasi dari nafas kita sendiri sehingga didalam tenda terdapat banyakbutir air seperti embun yg menempel pada dinding tenda. Agar tidak masuk airapabila kehujanan, Flysheet/canopy tenda yg harus water proof. Apabiladipasang diantara dinding tenda dan flysheet/canopy akan terdapat ruanganuntuk sirkulasi udara sehingga kondensasi dari nafas kita dapat diminimalkan supaya bagian dalam tenda tidak mengembun. Jadi tenda yg baik terdiri daridua bagian: tenda dan flysheet/canopy. Kalau bisa cari tenda yg mempunyai'vestibule' atau serambi yg fungsinya untuk meletakkan sepatu dan backpacksehingga tidak perlu disimpan didalam tenda walaupun hujan dan juga bisadipakai untuk memasak. (Jangan masak didalam tenda, sangat berbahaya).Istilah lain untuk tenda plus flysheet adalah tenda double wall. Apabilamembeli tenda yg double wall cari yg flysheetnya menutup tenda sampaikebawah / ke tanah agar apabila terjadi hujan badai, penghuninya tetapkering. Kalau hanya yg separuh (pada umumnya merek Coleman yg merupakantenda untuk rekreasi bukan 'serious camping', apabila terjadi hujan badaipasti air masuk kedalam tenda.

Ada lagi jenis yg disebut tenda single wall yg berupa tenda yg breathable(tembus udara) dan juga waterproof jadi tidak menggunakan flysheet sehinggalebih ringan. Harganya relatif lebih mahal dan tidak banyak merek ygtersedia.

Tenda yg menggunakan fiberglass sebagai tiang penyangga relatif lebih berat.Tetapi berdasarkan pengalaman kalau dirawat baik tiang penyangganya tahanlama. Milik saya sudah sekitar 12 tahun penyangganya masih bagus tetapitendanya sudah tipis dan tidak waterproof lagi. Sedangkan yg menggunakanpenyangga aluminium Easton ternyata baru dipakai 5 tahun, penyangganya sudahretak pada sambungannya tetapi tendanya masih bagus. Untuk tenda ygmenggunakan penyangga aluminium DAC featherlite, belum ada komentar karenabaru pakai empat bulan yg lalu.

Dari bentuknya tenda Dome adalah tenda yg relatif mudah dipasang dan mudahdipindahkan lokasinya tanpa membongkar tenda tersebut / free standing. Padacuaca normal, tidak ada angin ribut /badai tidak perlu menggunakan pasak /stakes. Tenda dome, minimal menggunakan dua tiang penyagga sehingga relatiflebih berat. Tenda yg berbentuk wajik / trapezium relatif lebih ringan danstreamline karena pada umumnya hanya menggunakan satu tiang penyangga,tetapi harus menggunakan pasak / stakes, kalau tidak, tendanya tidak bisaberdiri. Apabila ingin dipindahkan lokasinya, tenda ini harus dibongkar dankemudian didirikan lagi dilokasi yg baru.
Satu lagi yg perlu dipertimbangkan waktu membeli tenda, apakah akan dipakaiuntuk satu orang, dua orang atau lebih banyak.

Enaknya kalau mau cari tenda, mungkin di Pasaraya Blok M. Dulu di toko Rhinojln. Fatmawati ada jual tenda merek Rhino buatan Taiwan yg relatif cukup O.Kbaik dari kwalitas maupun harga. N'gak tau sekarang masih ada n'gak tokotersebut.

Terakhir kali saya lihat di Pasaraya (lima tahun yg lalu) yg banyak dijualadalah tenda merek Wilderness buatan dalam negeri yg harganya cukup murah.Tendanya single wall tetapi tidak breathable.

Mudah2an info ini cukup membantu.

hendrick.halim to nature_trekker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar