Rabu, 06 Agustus 2008

Merawat Sepatu oleh Ambar dan Raymond

Kalau sepatu tergantung sama bahan dan siapa pembuatnya. Juga kalau boleh nanya ini sepatu boots atau sepatu trekking biasa ? Sepertinya yang kamu punya itu bahannya dari kulit. Memang untuk sepatu kulit kudu rajin merawat. Ini tips nya :

1. kalau kotor segera dibersihkan di air mengalir (jangan panas dan jangan dingin) atau dengan sapu (saya pake tongkat kecil) untukmembersihkan lumpur/kotoran yang banyak.

2. Kalau basah, jangan dikeringkan dibawah sumber panas langsung tapi diangin-anginkan. Taruh gulungan kertas bekas surat kabar ke dalam sepatu untuk mengeringkan bagian dalam.

3.Kalau punya semacam pelapis pelindung (saya pakai Nixwax) maka dioleskan dengan jari ke sepatu ketika setengah kering (inget jangan pas kering soalnya jadi ngg manjur)

4. Kalau ada pelapis tahan air seperti Gore Tex biasanya caranyamirip, mereka malah memperbolehkan pakai sabun yang tidak keras (shampoo misalnya) tapi jangan dengan conditoner.

5. Punya wadah khusus sepatu trekking ; ini seperti tas kecil yang bisa dimasukkan ransel. Ternyata ini cukup melindungi sepatu dari basah juga ngg bikin polusi benda2 lain di dalam ransel (he he hecontohnya bau apex).

6. waktu penyimpanan tali-tali sepatunya kalo bisa dilonggarin semua..bener kata mbak'e..biasanya waterproof dari pabrikan sepatu cuman tahan sampe 2-3 kali pemakaian, jadi harus disemprot/oles waterproofing periodik.

7. waktu pas jalan jangan lupa bawa tali sepatu cadangan, kalo udah lama tali sepatu biasanya friksi akibat gesekan sama pinnya..kalo pas ngga bawa tali cadangan ya pake tali pengikat di gaiter.

Diskusi dimilist oleh Raymond+N-> dan ambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar