Jumat, 13 Maret 2009

Wisata Perahu di Selokan mataram ?


Saya pernah berpikir, kenapa nggak ada Selokan Mataram Tour by boat/canoe/kayak/dll. Konsepnya bisa seperti kalo di Venice, jadi transportasi umum, tapi juga bisa untuk rekreasi sejarah atau edukasi.

Kalau mau bikin seperti itu, kira-kira apa kendalanya?

Iqbal S.

Bagus juga idenya,

Mungkin kendala yang dihadapi adalah view selama perjalanan agak monoton, juga adanya beberapa jembatan yang mengakibatkan penyempitan jalur selokan. Hal ini mungkin bisa disiasati dengan pemilihan jalur yang selektif.

Ide menarik juga apabila dilakukan di sungai2 yang membelah kota jogja (Sungai Gajah Wong,Code dan Winongo) dimana view lebih eksotis dibanding dengan selokan (bisa melihat atraksi WC apung,hehe..). Hanya saja kendalanya mungkin di beberapa titik yang mengalami pendangkalan. Lebih eksotis lagi apabila pengarungan menggunakan gethek-nya Joko Tingkir hehe..

Selamat mencoba

Ye a ye a ka

Justru termasuk dalam bisnis tersebut adalah mengembangkan sisi-sisi selokan (atau sungai yg dipilih) agar tidak monoton. Dapat pula dikembangkan tujuan-tujuan wisata di ujung sana dan ujung sini, sehingga "kompleks wisata"-nya jadi lebih menyeluruh. kalau mengenai tempat-tempat yang tidak bisa dilewati (a.k.a jembatan/sempit) saya belum menemukan jawabannya, kecuali ada "transit".


Iqbal S.

3 komentar:

  1. tining4/21/2010

    memang menarik, berperahu di selokan mataram. tentunya sambil memperkenalkan bangunan-bangunan irigasi dan fungsinya (untuk yang ini aku bisa bantu).
    sudah disampaikan di teks bahwa jalurnya berperahu mungkin tidak bisa panjang. bukan hanya jembatan, kalau lewat jembatan kita bisa menunduk. tapi gorong-gorong sangat sempit. yang paling tidak mungkin adalah melewati talang (di atas sungai) atau siphon (pipa U di bawah sungai) karena kita seperti masuk ke dalam pipa.

    BalasHapus
  2. apakah dimungkinkan bu .. mahasiswa teknik pertanian ada paket menyusuri selokan mataram sambil menceritakan irigasi ? he he

    kalo lewat jembatan memang perahu harus diangkut .. tapi ntar bisa dibuat gampang dengan membuat anhangnya ...

    Pengalaman berbasah-basah di saluran irigasi mungkin akan membuat mereka benar-benar merasa menjadi mahasiswa teknik pertanian [mimpi mode on he he he]

    BalasHapus
  3. tining4/25/2010

    mahasiswa yang mengambil mata kuliah teknik irigasi harus merasakan berbasah-basah. untuk bekerja dan belajar. aku baru nemu sedimen sampler di lab. pengen juga ngajari mahasiswa ambil sampel sedimen dari atas perahu di selokan mataram.

    BalasHapus