Perlengkapan ber Perahu Packraft

Untuk memulai kegiatan berperahu packraft ada berberapa hal yang harus di perhatikan. Di antaranya:

Perahu Packraft. Perahu Packraft dibuat ini sudah dibuat agar ringan, dapat dikemas, tahan lama, dan mudah mengembang. Kebanyakan packraft cukup kuat buat menangani segala sesuatu mulai dari arus sungai tenang hingga arus deras dengan Grade II. Jika lantai perahu packrfat dibuat dengan sistem self bailing maka air akan bisa keluar dengan sendiri. Tabung di lantai self bailing juga menambah daya apung perahu packraft. 

Pompa. Jenis pompa yang bisa mengisi angin perahu packraft ini ada 2, yaitiu pompa injak kaki dan pompa tangan. Dengan bentuk valve seperti yang dipunyai perahu karet pada umumnya maka yang perlu dipersiapkan adalah bagian ujung yg bisa masuk dengan pas di valve. Jika kegiatan dekat dengan sumber listrik maka penggunaan blower elektrik akan lebih memudahkan proses pemompaan ini. 

Peralatan perbaikan. Kebanyakan packraft udah dilengkapi dengan kit perbaikan, jadi bisa menambal lubang jika ada yang terjadi saat dipakai bertualang.

Dayung. Sebagian besar packraft menggunakan dayung kayak ringan yang batangnya tebuat dari bahan aluminium dan blade nya terbuat dari plastik. Dengan batangnya dari aluminium maka dayung akan ringan. Blade yang terbuat dari plastik akan membuat dayung mengapung jika terjatuh di sungai. Type dayung ini ada yang fix dan ada yang bisa dipecah menjadi 2 atau empat bagian. Hal ini 

Pelampung atau PFD (Personal Flotation Device). PFD adalah bagian penting dari perlengkapan keselamatan yang perlu dipakai setiap kali lo berada di air.   Pilihlah pelampung nyaman dan simple dalam penggunaanya.

Helm kayak. Penggunaan helm akan membuat kegiatan ini lebih nyaman dan aman. Dan helm menjadi perlengkapan wajib jika mengarungi sungai dengan arus yang cukup deras.

Pakaian. Menggunakan pakaian buat packrafting diisarankan menggunakan bahan yang menyerap kelembapan dan cepat kering. Jumlah pakaian yang dibutuhkan buat packrafting bergantung pada jenis petualangan yang direncanakan. 

Lain-lain. Selain itu, juga butuh pakaian khusus untuk mendayung, seperti pakaian selam, pakaian kering, jaket dayung, sepatu sampai dengan sarung tangan dayung.



Subscribe to receive free email updates: