Workshop Penanganan Ular

Ular adalah salah satu binatang yang masuk dalam rangkaian alur mata rantai kehidupan. Sampai saat ini, karena minimnya pengembangan studi tentang ular di masyarakat, paradigma masyarakat umum tentang ular cenderung negatif. Semua jenis ular terkesan menyeramkan dan mematikan, akibatnya, banyak sekali ular mati sia-sia karena dianggap binatang yang berbahaya. Padahal, sebenarnya hanya sekitar 5% saja dari ± 250 jenis ular di Indonesia yang berbisa dan mematikan sehingga perlu dihindari. Selebihnya adalah ular - ular biasa yang tidak perlu dibunuh sehingga perlu dilestarikan.

Ular merupakan binatang reptilia yang dapat kita jumpai di halaman rumah, kebun, sawah, ladang, hutan, sungai, rawa-rawa, pegunungan, pantai, laut, samudra bahkan di saluran – saluran air perkotaan seperti kota Jakarta. Untuk daerah tropis seperti di negara kita, jumlah ular cukup banyak dan bermacam-macam jenisnya, baik yang berbisa maupun yang tidak berbisa.

Pengetahuan tentang ular dan keterampilan penanganan bahaya perlu diberikan untuk membantu manusia dalam mengurangi efek dari bahaya psikis terhadap ular sehingga manusia dapat melakukan aktifitasnya sehari-hari tanpa merasa takut terganggu dan juga tidak perlu mengusik serta mengurangi jumlah ular. Keberadaan habitat ular yang cukup dekat dengan lingkungan hidup manusia perlu dikenal, dimengerti dan dipahami agar senantiasa dapat hidup beriringan serta tidak saling mengganggu.

Untuk itu Outpack berkerjasama dengan SIOUX, mengadakan :

Workshop Snake Handling Short
Snake Everywhere, don’t worry, just be prepared

Waktu & Pelaksanaan :
4 April 2009
Jam 09.00 – 12.00
Jl. Warung Buncit Raya, No : 3-A
Jakarta Selatan

Biaya Rp. 175.000

Fasilitas peserta :
Snack,
Panduan praktis tentang ular,
Piagam


Harapannya, setelah mengikuti workshop singkat ini, peserta dapat :
Mengenal ular secara umum & biologis
Mengetahui jenis gigi, jenis bisa/racun dan cara reproduksi
Mengenal berbagai jenis ular dan tingkatan bisa/racunnya
Mengenal bahaya – bahaya ular dan sikap jika bertemu
Mengetahui teknik praktis menghindari gangguan ular
Mengetahui pertolongan pertama gigitan ular (praktek)
Mengetahui teknik penanganan ular agar tidak mengganggu


Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi OUTPACK:
Bayu : 0818.154.826
Andrey : 0818.066.777.54

Subscribe to receive free email updates: