SIAP SEDIA TENDA PENGUNGSI SEBAGAI PERLENGKAPAN MITIGASI BENCANA

Mitigasi adalah upaya untuk mengurangi risiko menjadi korban dari gempa atau bencana. Indonesia berada pada cincin api Pasifik, sehingga potensi gempa bumi dan bencana alam lainnya selalu ada. Menghadapi ancaman bencana alam, mitigasi bencana perlu dilakukan.

Rangkaian upaya yang dilakukan dapat berupa perbaikan dan modifikasi lingkungan fisik maupun penyadaran serta peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Dalam hal ini diperlukan tenda pengungsi dalam jumlah besar untuk keperluan mitigasi bencana. Tenda seperti ini sering disebut juga sebagai tenda evakuasi, tenda bencana, tenda pengungsian, atau tenda posko.

Sesaat setelah bencana datang, maka keadaan ada dalam masa tanggap darurat, dimana banyak anggota masyarakat kehilangan tempat tinggalnya sehingga memerlukan tempat tinggal yang sifatnya sementara. Bangunan sementara ini harus dapat dimobilisasi, dibangun dengan mudah, dan layak untuk tinggal di dalamnya.

Sesaat setelah terjadi bencana, masalah yang muncul adalah kebutuhan “emergency shelter” atau tenda tanggap darurat untuk menampung para korban yang kehilangan rumah. Sudah umum terjadi di Indonesia pada saat pascabencana, para pengungsi korban bencana biasanya tinggal di penampungan menggunakan tenda tenda darurat dalam kurun waktu yang cukup lama sekitar 1 sampai 2 tahun. Kondisi tenda yang digunakan dalam masa tersebut akan mengalami kerusakan sehingga menyebabkan ketidaknyamanan para pengungsi yang tinggal di dalamnya.

Selain kurangnya kenyamanan tenda, masalah lain adalah tenda pengungsi yang ada saat ini umumnya berupa tenda regu atau tenda peleton yang dapat menampung orang dalam jumlah banyak, sehingga tingkat privasi penghuninya baik keluarga maupun perorangan sangat terganggu. Keadaan ini apabila berlangsung lama akan menyebabkan tekanan psikologis bagi para pengungsi.

Bencana alam tidak dapat diduga kapan datangnya, oleh karena itu persiapkan dari sekarang untuk menghadapi kondisi yang tak terduga tersebut. Merupakan suatu hal yang positif jika tidak hanya pemerintah saja yang harus siap dalam menghadapi bencana. Seperti perusahaan dan elemen lainnya juga dapat berkontribusi.

Kami menyediakan tenda pengungsian yang berfungsi sebagai tempat pengungsian dan tenda pendidikan darurat. Konsultasikan pengadaan tenda bencana di perusahaan atau yayasan anda bersama kami.

PESAN SEKARANG TENDA REGU 5.2X8X2.8 – KERANGKA BESI OVAL

Subscribe to receive free email updates: